photo wishlist_zps2544b6d7.png

Saturday, March 31, 2012

Book Review: The Summer I Turned Pretty by Jenny Han

.
BOOK review
Started on: 26.March.2012
Finished on: 30.March.2012

Judul Buku : The Summer I Turned Pretty (Ketika Aku Menjelma Cantik)
Penulis : Jenny Han
Penerbit : Gradien Mediatama
Tebal : 288 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 43,000
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 



"Musim panas kali ini tidak akan pernah bisa kulupakan. Musim panas saat semuanya dimulai. Musim panas ketika aku menjelma menjadi cantik. Karena untuk kali pertama, aku bisa merasakannya.... Setiap musim panas sebelum musim panas kali ini, aku percaya akan ada perbedaan. Hidup akan terasa berbeda. Dan musim panas ini, perbedaan itu akhirnya datang. Aku berubah."

 Kisah ini adalah kisah cinta musim panas yang dialami oleh Isabel - atau lebih akrab dipanggil Belly dalam buku ini. Setiap musim panas, Belly bersama Ibu dan kakaknya - Steven, pergi berkunjung ke rumah musim panas keluarga Fisher. Di rumah itulah, ia mengenal dekat kakak-beradik Conrad dan Jeremiah Fisher. Dan di rumah pantai itulah, Belly mengalami banyak hal: seperti jatuh cinta dan patah hati.

Setiap musim panas, Belly akan kembali bertemu dengan Susannah (sahabat baik Ibu-nya) dan kedua anak Susannah: Conrad dan Jeremiah. Conrad adalah sosok seorang kakak yang selalu melindungi bagi Belly; sedangkan Jeremiah adalah seorang yang Belly anggap sahabat dan teman terbaik, tempat ia bisa menceritakan segala rahasianya. Selama bertahun-tahun, mereka menghabiskan banyak musim panas bersama - meskipun seringkali Belly tersingkir karena ia adalah satu-satunya anak gadis di antara para lelaki. Kisah ini menceritakan musim panas Belly yang sudah berlalu di tahun-tahun sebelumnya, dan juga menceritakan musim panas yang sedang ia jalani. Ia mengingat-ingat kembali, masa ketika ia jatuh cinta kepada Conrad, ketika Jeremiah mencuri ciuman pertamanya, dan berbagai pengalaman mengesankan yang lain.

"Ini gila. Dia Jeremiah. Jeremiah tidak pernah melihatku dengan cara seperti itu, sedangkan aku sendiri, aku selalu menyukai Conrad, bahkan ketika sikapnya begitu angin-anginan dan tertutup seperti sekarang. Dari dulu selalu Conrad. Dan, tentu saja Jeremiah juga tidak pernah memandangku dengan cara seperti itu sebelumnya. Aku adalah sahabat karibnya."

Dan musim panas itu, Belly bertemu dengan seorang lelaki bernama Cam. Belly menemukan sosok yang tidak ia temukan pada Conrad. Cam adalah seorang lelaki yang baik, berbeda dari laki-laki yang biasa ditemui oleh Belly. Keduanya menghabiskan banyak waktu bersama musim panas itu. Dan meskipun Conrad dan Jeremiah tidak menyetujui Belly terlalu akrab dengan Cam, Belly tidak peduli dan mulai menjalani hubungannya dengan Cam

"Semuanya terasa aneh antara aku dan Conrad, dan juga antara aku dan Jeremiah - sebuah pikiran tidak masuk akal merayap memasuki kepalaku. Mungkinkah mereka berdua tidak ingin aku bersama Cam? Karena mereka, mungkin punya perasaan terhadapku? Mungkinkah itu?"

Namun apa yang terjadi ketika hubungan Belly dan Cam berjalan lancar, namun hati Belly selalu goyah ketika Conrad menunjukkan sikap-sikap manisnya? Mungkinkah hati Belly selalu kembali kepada cinta pertamanya pada Conrad? Dan apakah selama ini Jeremiah menyimpan perasaan khusus kepadanya? 
"Conrad selalu membuat perasaanku begitu campur aduk. Sikapnya tiba-tiba manis, tapi menit berikutnya begitu dingin. Conrad membuatku teringat hal-hal yang tidak ingin kuingat... Semuanya sudah berjalan baik dengan Cam, tapi tiap kali aku merasa yakin dengan Cam, Conrad akan memandangku seperti itu, membawaku berputar-putar, atau memanggilku Bells, dan semuanya langsung hancur berantakan."
"Conrad membuatku kesulitan untuk tidak mencintainya. Pada saat sikapnya manis seperti ini, aku jadi ingat alasannya. Alasan mengapa aku dulu mencintainya, maksudku."

Baca kisah selengkapnya di The Summer I Turned Pretty.


Jika dilihat dari ringkasan plot yang aku tuliskan, mungkin Belly akan terdengar sedikit seperti Bella Swan dalam serial Twilight yang dirundung dilemma dalam memilih lelaki. Dan dengan karakter Belly yang digambarkan sebagai seorang gadis yang sedikit manja dan egois, mungkin ia bisa jadi sedikit menjengkelkan. Akan tetapi untungnya, cerita ini tidak hanya terfokus dalam kisah cinta Belly saja. The Summer I Turned Pretty juga menceritakan tentang kasih dalam sebuah keluarga. Dan dengan penulisan yang terasa begitu alami dan mengalir, aku menikmati setiap bagian buku ini dan turut terhibur dengan pengalaman musim panas Belly. Kisah ini juga dituliskan dengan plot maju-mundur, seperti flashback, yang memperdalam karakter-karakter cerita ini, dan memberikan background yang jelas tentang kisah cinta Belly.
Karakter favoritku dalam buku ini jatuh pada Jeremiah Fisher. Dibandingkan dengan Conrad yang dingin dan kebanyakan tidak peduli dengan sekitarnya, aku lebih menyukai Jeremiah yang ceria dan terkadang sedikit konyol. Aku rasa Jeremiah-lah yang selalu ada ketika Belly membutuhkan seseorang. Dan aku menyukai bagaimana Jeremiah sepertinya selalu berhasil membuat Belly nyaman berada di sampingnya.

Overall, aku cukup terhibur dengan kisah cinta musim panas Belly yang manis. Meskipun ada kalanya aku sedikit sebal dengan karakter Belly yang selalu cemburu dan berusaha membuat orang lain cemburu. Tapi aku rasa itu adalah bagian dari karakter Belly yang digambarkan dalam kisah ini. Aku juga sangat menyukai rasa kekeluargaan yang ada dalam cerita ini. Very heart-warming :) YA fans probably would like this book :)


4/5 stars
by.stefaniesugia♥ .

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...